Friday, June 27, 2008

Tentang Ikan dan Air

Ikan dan air bagaikan dua sisi mata uang, dua hal yang kadang susah dipisahkan. Ikan yang selalu membutuhkan air, dan air yang kadang akan senang dengan hadirnya ikan. Namun, pernahkan anda mempertanyakan: Apakah ikan merasa bersyukur dengan hadirnya air?

Seandainya ikan itu seperti manusia, mungkin akan ada yang bersyukur dan akan ada yang menganggap bahwa air itu adalah milik mereka. Bagi mereka yang bersyukur, tentu mereka akan berterima kasih kepada air, karena air memberi mereka kehidupan. Namun bagi golongan yang kedua, air bukanlah apa-apa. Mereka berfikir bahwa mereka bisa hidup tanpa air. Pikiran semacam itu tidaklah benar.

Bagaimanakah cara menyadarkan ikan yang semacam itu? Sangat sederhana, kita hanya perlu mengangkat ikan tersebut dari dalam air dan dibiarkan dia hidup tanpa air selama beberapa detik, atau menit, atau bahkan jam. Dengan begitu, sebagian besar dari mereka pasti akan sadar begitu pentingnya air bagi mereka.

Bagaimana dengan manusia sendiri? Apakah manusia juga sadar bahwa semua yang ada di dunia ini memberikan manfaat bagi dia? Dan apakah mereka sudah bersyukur dengan semua itu? Kalau mereka belum sadar akan pentingnya semua yang ada di dunia (baik material maupun non-materi), cara menyadarkannya adalah sama dengan cara menyadarkan ikan akan pentingnya air bagi mereka.

Manusia akan merasakan begitu pentingnya udara ketika manusia berada di ruang hampa udara. Manusia akan merasakan begitu pentingnya bumi ketika mereka di angkasa. Manusia akan merasa begitu pentingnya air ketika mereka di padang pasir. Manusia akan sadar begitu pentingnya amal ketika mereka di alam barzah.........


0 komentar: