Wednesday, February 11, 2009

Jatuh Cinta itu.......

Masa disaat kita jatuh cinta pada seseorang atau sesuatu memang terasa indah. Hal ini tidak hanya terasa indah bagi orang yang jatuh cinta, tapi juga yang mencintai. Ketika dua hal yang saling membutuhkan ini bertemu, maka akan terjalin suatu hubungan yang saling melengkapi. Itulah rahasia Illahi, menciptakan segala sesuatu secara berpasang-pasangan dan saling melengkapi.

Jatuh cinta, pada manusia, umumnya terjadi antara perempuan dan laki-laki. Memang sudah kodradnya bahwa laki-laki memiliki rasa sayang yang lebih dan rasa itu butuh disalurkan. Dan sudah kodratnyalah bahwa perempuan itu inginnya disayangi. Hubungan saling melengkapi dan membutuhkan di antara dua makhluk tuhan yang berlainan jenis ini bisa diungkapkan lewat berbagai macam cara, umumnya dilakukan dengan hubungan 'kasih sayang'.

Dalam hubungan ini, tak jarang juga yang hingga 'kebablasan'. Namun, tak jarang juga yang dilakukan dengan cara-cara yang benar hingga akhirnya sampai pada jenjang pernikahan. Bagi golongan yang pertama, hal itu bisa terjadi jika salah satu pihak menuntut lebih (umumnya pihak laki-laki). Sebagai contoh, laki-laki dengan rasa sayang yang berlebihan ingin memiliki seutuhnya sosok yang disayanginya. Dengan adanya perasaan seperti ini, laki-laki merasa bahwa dia bebas melakukan apa saja kepada sang perempuan. Pada titik yang tidak bisa dikendalikan, ini bisa menyebabkan timbulnya kekerasan dan pemaksaan pada perempuan.

Tak jarang juga laki-laki dari golongan ini menuntut terlalu lebih pada sang perempuan. Karena dia telah memberikan segalanya pada sang perempuan, maka dia merasa berhak untuk menuntut balik atas apa yang telah dia berikan kepada sang perempuan. So, tak jarang juga banyak laki-laki yang menuntut harta yang paling berharga dari perempuan, yaitu kehormatan. Lebih jauh lagi, inilah yang memunculkan pergaulan bebas. Namun demikian, tak jarang juga semua itu berasal dari sisi sang perempuan.

Untuk golongan yang kedua, umumnya kedua belah pihak masih bisa mengendalikan. Rasa sayang yang ada disalurkan dengan cara yang benar dan bisa dibenarkan menurut aturan-aturan kehidupan. Untuk yang golongan ini umumnya hubungan bisa bertahan lama karena kedua belah pihak tidak saling menuntut sehingga konflik bisa diminimalkan. Meskipun terjadi konflik, umumnya konflik itu bisa di selesaikan dengan baik.

Begitulah sedikit sisi tentang jatuh cinta. Intinya, cinta dan kasih sayang memang harus disalurkan, tetapi harus dengan proporsi yang benar dan dengan cara yang benar pula....

0 komentar: