Wednesday, February 18, 2009

Tentang Nama

Harta paling berharga yang diberikan oleh orang tua kita adalah 'NAMA'. Mengapa nama bisa dianggap sebagai pemberian yang paling berharga? Karena dengan namalah kita bisa dikenal. Coba bayangkan jika kita tidak memiliki nama, bagaimana orang lain akan memanggil kita? dan bagaimana mereka akan mengenali kita?

Nama seseorang muncul dengan berbagai ragam dan makna tersendiri. Ada nama yang muncul sebagai akibat dari suatu kejadian, misalnya nama 'Gerhana', bisa jadi orang yang memakai nama itu lahir ketika terjadi gerhana. Ada juga nama yang muncul sebagai representasi hari lahir, misalnya Aprilia (lahir pada bulan April), Febri (lahir pada bulan Februari). Namun, sebagian besar nama, terutama di kalangan orang Jawa, merepresentasikan do'a dari kedua orang tua. Misalnya, Amalia, yang mengandung makna bahwa orang tua mendoakan agar anak yang bernama 'Amalia' tersebut kelak akan terus menjalankan amal-amal (ibadah) yang mulia.

Itulah nama, sesuatu yang sangat sepele tetapi memiliki arti yang sangat penting. Untuk itu, berikanlah nama yang bagus bagi anak-anak kita, karena dengan nama itu kita mendo'akan anak kita kelak akan menjadi apa.

0 komentar: