Monday, February 04, 2008

PELANGGARAN MARKA JALAN




Bisa diyakini bahwa banyak pengguna jalan yang tidak mengetahui ‘marka jalan’, fungsi dan aturan yang berkaitan dengannya. Marka memang kadang hal yang sangat sepele bagi beberapa orang. Namun sebenarnya marka mempunyai fungsi yang sangat besar terutama dalam kaitannya dengan keselamatan lalu lintas.

Dengan adanya marka, para pengguna jalan bisa mengetahui kapan dia bisa mendahului kendaraan lain dengan aman. Dalam kondisi hujan atau di malam hari, marka jalan yang reflektif bisa membantu pengguna jalan mengetahui batas tepi dan batas tengah jalan, sehingga pengguna jalan tidak terlalu ke tepi dan tidak terlalu ketengah. Hal ini tentu saja akan sangat berguna dalam mengurangi risiko kecelakaan.

Namun, sayangat disayangkan bahwa banyak pengemudi di Indonesia yang kurang memperhatikan marka jalan tersebut. Di samping kurangnya pengetahuan tentang marka jalan, marka yang kurang begitu terlihat atau tidak begitu jelas juga berpengaruh terhadap hal ini. Tak heran, banyak pelanggaran terkait dengan marka jalan ini.

Hal yang sederhana bisa kita lihat ketika di persimpangan dengan lampu merah. Kita akan bisa melihat banyak pengendara yang melanggar marka. Tindakan mereka itu jelas membahayakan diri mereka dan pengendara lain karena tindakan mereka tersebut telah mempersempit jalur dari arah yang berlawanan.

0 komentar: